images

Cara Melangsungkan Resepsi Pernikahan Di Rumah Sendiri

2012-10-02 06:32 PM

Banyak hal alasan mengapa resepsi pernikahan dilangsungkan di rumah sendiri baik di rumah calon pengantin wanita ataupun pria (munduh mantu),yang kesemuanya diperlukan kematangan dalam menyusun acaranya,meskipun hal ini tidak jauh berbeda dengan melangsungkan resepsi pernikahan di Gedung khusus seperti telah saya bahas DISINI.

Atau silahkan menyimak pula artikel menarik yang berhubungan dengan perencanaan pernikahan :

* Hari Atau Waktu Yang Tepat melangsungkan Pernikahan
* Cara Bijak memilih Sanggar Rias Untuk Pernikahan

Jadi bagaimana kiat melangsungkan resepsi pernikahan di rumah sendiri yang semuanya dilaksanakan tanpa melibatkan pihak lain seperti event organizer,catering dan lain-lain.

Cara Melangsungkan Resepsi Pernikahan Di Rumah Sendiri

1. Jalin komunikasi yang baik di internal keluarga
Sampaikan keinginan dan keluhan dalam segala hal pada orang tua kita atau keluarga yang dipercaya,jangan sampai pada saat hari “H”-nya nanti anda disibukan dengan urusan yang tidak perlu.

2. Bentuk panitya kecil
Bentuk panitya kecil dilingkungan keluarga terdekat,baik urusan penyambutan tamu diluar dan di dalam rumah,urusan dapur,keuangan dan belanja,menghubungi jasa alat pesta,sanggar rias pengantin,photo/video shooting ,hiburan,kartu undangan dan cindera mata atau yang lainnya,karena hal ini sebaiknya telah dipikirkan bahwa pada hari “H” nanti,kedua pihak orang tua dan pengantin harus duduk manis menyambut tamu .

3. Jalin komunikasi yang baik dengan tetangga terdekat
Pengakuan terhadap tetangga terdekat akan meringankan beban anda di hari “H” nanti,selain kemungkinan akan menggangu area dan pasilitas disekitarnya juga karena tidak semua tugas dan pekerjaan bisa diselesaikan keluarga anda sendiri dan silahkan membuat laporan kepada RT dan RW setempat apalagi bila pada saatnya nanti diadakan hiburan yang perlu ditindaklanjuti laporan ke kepolisian untuk pengamaman.

4. Hubungi segera orang dengan bidang dan keahlian khusus
Janga pernah hal ini dilakukan secara mendadak,selain kita tidak tahu aktivitas setiap orang,juga untuk menanamkan rasa hormat kepada yang dimintai bantuan oleh kita seperti :

- Yang mewakili keluarga untuk menerima tamu (protokoler)
- Yang mengurusi penerangan lampu dan peralatannya baik di luar dan di dalam rumah,sekalian untuk lapor ke PLN bila daya listrik dirasa kurang.
- Petugas Hansip dan parkir kendaraan
- Juru masak
- Menanak nasi
- Mengambil dan cuci piring dll.

Jangan pernah meremehkan profesi sekecil apapun,guna kelancaran prosesi acara nanti dan kiat di atas bisa kita kembangkan sesuai situasi dan kondisi di daerah kita masing-masing dan mudah-mudahan dengan perencanaan yang matang menambah kekhusyuaan terutama pada saat Akad Nikah,dengan menumbuhkan kerjasama dan saling percaya di lingkungan keluarga.

Demikian semoga bermanfaat,mohon koreksi bila ada yang salah dan jangan sungkan bila ingin menambahkan,terimakasih.

 

Source : www.mawarnada.com


Back